Contoh Proposal Usaha Fotografi
Tekno

Contoh Proposal Usaha Fotografi Lengkap dan Penjelasanya !!

Proposal Jasa Fotografi – Teknologi fotografi semakin hari semakin mempermudah masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan mereka terhadap foto yang baik dan berkualitas. Foto yang baik, bisa terlihat dari hasil cetak foto

Teknologi di bidang fotografi ini tidak hanya memaksimalkan kualitas saja, tetapi juga menghemat waktu pembuatan foto.

Contoh Proposal Jasa Fotografi

Berikut merupakan contoh proposal jasa fotografi, yang dapat anda gunakan, sesuai keperluan anda.

Adapun contohnya proposal tersebut adalah sebagai berikut ini.

A. Judul

Usaha Studio Fotografi Digital.

B. Latar Belakang

Teknologi fotografi yang didukung dengan fasilitas memadai, saat ini masih berpeluang sangat besar jika dijadikan sebuah usaha.

Seperti contoh usaha Studio Fotografi Digital. Usaha studio fotografi selain bisa membantu masyarakat terhadap kebutuhan fotografi mereka.

Mereka juga merupakan lahan usaha yang bisa menyerap beberapa tenaga kerja seperti kalangan mahasiswa.

Melihat peluang pasar yang besar yang masih besar serta menjanjikan.

Maka kami berniat dan berinisiatif untuk membuka usaha Studio Fotografi Digital sendiri, melalui program mahasiswa berwirausaha ini.

C. Rumusan Dan Batasan Masalah

Berdasarkan BizBox.id, latar belakang yang sudah dijelaskan, maka untuk itu dapat dirumuskan masalah yaitu sebagai berikut :
“Bagaimana menciptakan sebuah usaha dalam bidang fotografi yang mampu dijadikan sebagai ladang usaha yang menyerap beberapa tenaga kerja”

Karena besarnya permasalahan yang ada, maka dibuat batasan masalah yaitu pembuatan usaha studio foto untuk menyerap berapa tenaga kerja.

D. Tujuan Usaha

Tujuan usaha yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:

  • Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan
  • Mensinergikan antara fotografi dan desain grafis dengan teknologi komputer
  • Menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa

E. Manfaat Usaha

  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam usaha percetakan foto
  • Memberikan kesempatan kerja bagi setiap orang yang sudah mempunyai keahlian dalam bidang fotografi dan desain grafis (editing foto)

F. Gambaran Umum Rencana Usaha

Usaha ini merupakan sebuah usaha studio foto yang diberi nama ” Usaha Studio Fotografi Digital”. Jenis produk serta jasa yang dihasilkan antara lain :

  • Pas foto
  • Paket foto angkatan
  • Paket foto wisuda
  • Paket foto keluarga
  • Paket foto pernikahan
  • Foto dokumentasi kegiatan seperti (Seminar, Acara Pertandingan Olahraga, Ulang Tahun, Dll)

G. Metode Pelaksanaan

Progam yang dilaksanakan dibagi atas beberapa tahapan yaitu :

Tahapan persiapan

  • Penentuan lokasi/tempat produksi
  • Penentuan produsen
  • Persiapan serta pembelian peralatan
  • Inventaris toko
  • Renovasi tempat usaha (studio foto)

H. Metode Pemasaran

1. Strategi Pemasaran

Adapun strategi pemasaran yang nantinya akan diterapkan adalah sebagai berikut :

Diferensiasi

Mencoba menghadirkan suatu bisnis yang berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada.

Tetapi, mempunyai prospek yang bagus, dan juga tidak hanya desain yang kreatif, bagus, enak dilihat, tetapi juga desain yang menjual.

Tempat

Memilih tempat yang pas serta strategis yaitu di sekitar lingkungan kampus.

Strategi produk

  • Menyiapkan layanan jemput-antar untuk pelanggan di dalam kota
  •  Melayani pemesanan lewat telepon
  • Memberikan diskon produk
  •  Menyediakan konsultasi tentang desain

2. Kendala Dalam Pemasaran

Kendala yang dihadapi ketika dalam pemasaran yaitu banyaknya terdapat pesaing di sekitar kita yang mempunyai usaha yang hampir mirip atau relevan dengan usaha kita, seperti contoh :

  • Sablon
  • Digital printing
  • Desain grafis
  • Advertising
  • Cetak foto digital dan analog

3. Cara Mengatasi Kendala

Ketika melihat hasil analisis yang telah dilakukan, permintaan diluar sana masih cukup besar dan kita juga masih memiliki peluang yang cukup besar juga.

Meskipun disekeliling kita sudah banyak pesaing besar dan pemain lama.

Ada cara mengatasi kendala ini seperti contoh memberikan pelayanan percetakan digital tanpa minimum order serta tempat yang strategis.

Selain melakukan cara diatas, ada cara selanjutnya lakukanlah sebuah promosi agar masyarakat atau konsumen tertarik.

Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara di media seperti contoh :

  • Spanduk
    Dipasang di depan tempat lokasi usaha, dan juga dipasang di beberapa tempat strategis lainnya.
  • Katalog
    Membuat sebuah katalog yang berisi produk dengan ukuran A4 dan memiliki desain yang menarik dan tentunya harus enak dipandang.
  • Buletin Dan Majalah
    Kerja sama dengan buletin dan majalah yang ada di kota Lumajang
  • Seminar Atau Event
    Bekerja sama atau menjadi sponsor suatu kegiatan seperti : Seminar, Talkshow, Diskusi.
  • Offline (Manusia)
    Maksud dari ini yaitu dengan cara memberitahu dari teman ke teman dari masyarakat ke masyarakat yang lain mengenai usaha yang akan dilakukan ini.
  • SMS (Baik Handphone Atau Internet)
    Mengirimkan sebuah pesan kepada teman, saudara, keluarga, dan kerabat mengenai bisnis ini.

4. Tahap Evaluasi Dan Monitoring

  • Evaluasi proses produksi
  • Evaluasi produk yang dihasilkan
  • Evaluasi penilaian produk dari beberapa konsumen
  • Perhitungan biaya keseluruhan proses produksi dan penetapan laba serta rugi
  • Perencanaan kedepan untuk kelanjutan usaha

I. Jadwal Kegiatan

Adapun target dari penyelesaian program ini adalah selama 5 bulan. Tabel di bawah ini merupakan tahapan-tahapan penyelesaian program ini.

NoKegiatanBulan 1Bulan 2Bulan 3Bulan 4Bulan 5
12341234123412341234
1Persiapanvvvvvv
2Pelaksanaanvv
3Promosivvvvvv
4Pemasaran produkvvvvvvvvvv
5Penyebaran dan penarikan kuesionervv
6Evaluasi Kegiatanvv
7Pembahasan dan monitoring kegiatanvvvvv
8Analisis biayavvvvvvv
9Penulisan laporanvv

J. Lokasi Usaha

Usaha yang akan dibuat ini berlokasi di Jalan Iswahyudi No 35, Lumajang, Jawa Timur

K. Rancangan Anggaran

Dalam pelaksanaan program ini, adapun rincian anggaran yang akan digunakan sebagai berikut :

1. Peralatan Dan Investasi Barang

NoAlat atau Investasi BarangFrekSatuan (Rp)Jumlah (Rp)
1Kamera DSLR 20 M Px18.650.000.-8.650.000.-
2Lampu Studio2650.000.-1.300.000.-
3Light Stand2350.000.-700.000.-
4Soft Box21.200.000.-2.400.000.-
5Umbrella Light275.000.-150.000.-
6Trigger2350.000.-700.000.-
7Layar Pas Foto225.000.-50.000.-
8Wallpaper Baground Foto20 m35.000.-700.000.-
9Komputer13.500.000.-3.500.000.-
10Memory Card275.000.-150.000.-
Jumlah Total17.600.000.-

2. Peralatan Pendukung

NoNama PeralatanFrekSatuan (Rp)Jumlah (Rp)
1Etalase2960.000.-1.920.000.-
2Meja Komputer1250.000.-200.000.-
3Lemari Studio / Pakaian11.500.000.-1.400.000.-
4Sewa Tempat Usaha7.000.000,-
Jumlah10.520.000,-

3. Kegiatan Pendukung

NoNama KegiatanFrekSatuan (Rp)Jumlah (Rp)
1Biaya pengiriman barang250.000,-250.000,-
2.Biaya Promosi300.000,-300.000,-
3.Penggandaan proposal510.000,-50.000,-
4.Dokumentasi420.000,-80.000,-
5.Penggandaan laporan kemajuan510.000,-50.000,-
6.Penggandaan laporan akhir510.000,-50.000,-
7.Transportasi100.000,-
8.Komunikasi100.000,-
Jumlah980.000.-

4. Rekapitulasi Dana

No.Rancangan BiayaJumlah
1.Alat dan BahanRp. 17.600.000,-
2.Peralatan PendukungRp. 10.520.000,-
3.Kegiatan PendukungRp. 980.000,-
Total BiayaRp. 39.100.000,-

Penutup

Demikian proposal ini saya buat sebagai rencana usaha fotografi yang akan saya jalankan. Dengan modal yang telah dipersiapkan dan rencana pemasaran yang matang, saya yakin usaha ini dapat berkembang dengan baik.

Saya berharap proposal ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang visi, misi, dan rencana usaha fotografi yang akan dijalankan.

Atas perhatian dan dukungannya, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Pemilik]
Pemilik Usaha Foto Cetak Studio

Silahkan sesuaikan informasi yang ada pada proposal ini dengan kebutuhan dan konteks usaha yang akan Anda jalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *