Cara Mengatasi Jaringan Seluler tidak Tersedia
Tekno

7 Cara Mengatasi Jaringan Seluler tidak Tersedia, 100% Work It !

Cara Mengatasi Jaringan Seluler tidak Tersedia – Pernahkah Anda mengalami kehilangan jaringan? Terutama dalam posisi ingin menelpon atau ingin pesan Whatsapp namun tiba-tiba jaringan hilang? Tentunya hal ini sungguh bisa menjengkelkan.

Saat ingin menggunakannya tiba-tiba jaringannya hilang, namun tak perlu bingung jika ada di antara kalian yang menemui hal seperti ini. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa saran dan solusi.

Yuk, simak ulasan dibawah ini mengenai cara mengatasi hilangnya atau tidak tersedianya jaringan seluler kamu, antara lain sebagai berikut.

Apa Penyebab Jaringan Seluler Tidak Tersedia di HP Android?

Apa Penyebab Jaringan Seluler Tidak Tersedia di HP Android

Penyebab tidak tersedianya jaringan tentunya masih berkaitan dengan jaringan persinyalan, sehingga terkadang jaringan yang lemah dapat menyebabkan jaringan tersebut hilang tanpa kita sadari.

Alasan tidak tersedianya jaringan adalah sebagai berikut:

  1. Penyedia mengalami masalah: biasanya dalam hal ini sinyal akan hilang dan kartu SIM tidak tersedia.
  2. Sinyal lemah: Sinyal lemah dapat disebabkan karena lokasi yang tidak terjangkau oleh sinyal jaringan. Sehingga sim cardnya tidak dapat digunakan.
  3. Waktu henti jaringan: Hal ini mungkin disebabkan oleh cuaca dan faktor lainnya.
  4. Komponen Ponsel Rusak : Terjadinya komponen rusak bisa menjadi salah satu faktor penyebab hilangnya dan tidak tersedianya jaringan.

“Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan hilangnya dan tidak tersedianya sinyal jaringan”

Bagaimana Cara Mengatasi Jaringan Seluler yang Tidak Tersedia di Android?

Pada pembahasan berikut ini saya akan memberikan solusi yang mungkin berguna dari saran saya, siapa tahu dengan cara selanjutnya jaringan seluler anda bisa normal kembali.

Berikut beberapa solusi untuk memperbaiki jaringan seluler yang tidak tersedia.

Cara ini ditulis secara global, sehingga bisa digunakan di semua jaringan operator. Contohnya, Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, Axis dan lainnya.

#1. Coba Restart HP Dulu

Coba Restart HP Dulu

Cara pertama adalah dengan menggunakan opsi “restart” di ponsel Anda. Cara tersebut merupakan cara yang mudah dan sederhana, dan Insya Allah bisa diterapkan dengan mudah.

Dengan melakukan “reboot” maka secara otomatis ponsel Anda akan terupdate kembali sehingga permasalahan atau error yang terjadi pada ponsel Anda akan hilang dengan sendirinya.

Dengan cara yang sederhana, mudah dan langsung ini, ponsel Anda akan kembali normal kembali. Karena dengan cara ini masalah tidak tersedianya jaringan seluler akan kembali terdeteksi oleh sistem telepon seluler.

#2. Periksa Kartu SIM HP

Jika cara pertama masih gagal, coba gunakan cara kedua yaitu mengecek kartu SIM ponsel.

Karena cara ini, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa kartu sim bisa rusak, entah karena kartunya kosong atau karena slot kartu simnya kotor. Sehingga dengan begitu akan bisa mengakibatkan “Jaringan seluler tidak tersedia”.

Cara Mengatasi

Adapun cara mengatasinya sebagai berikut ini:

  1. Cara pertama adalah dengan mencoba membersihkan kartu SIM terlebih dahulu
  2. Coba cek dengan SIM card lain (provider harus sama)
  3. Jika kartu SIM lain terdeteksi bagus, berarti kartu SIM lama Anda rusak
  4. Jika masalah sudah teratasi, Anda tinggal mengganti kartu SIM dengan yang baru.

#3. Pastikan Sinyal Jaringan Provider Tersedia di Daerah Anda

Perlu Anda ketahui bahwa di tempat atau lokasi yang berbeda-beda, kekuatan sinyal penyedia juga akan berbeda-beda. Jadi Anda harus bisa memastikan bahwa sinyal penyedia harus tersedia dimanapun Anda berada.

Cara Mengatasinya

Adapun cara mengatasinya, Anda bisa mengganti jaringan yang digunakan ke jaringan lain, misalnya sebagai berikut:

Coba ganti jaringan anda ke 4G, 3G atau 2G untuk mengeceknya, caranya bisa seperti ini.

  1. Buka Dial Pad, Lalu => Ketik *#*#4636#*#*.
  2. Kemudian, => nanti akan masuk ke menu Informasi Telepon. Apabila Dual SIM lebih dari satu, maka bisa di coba lagi.
  3. Lalu coba ubah menjadi Jaringan dari => 2G > 3G > 4G (Coba satu persatu).

Setelah itu, coba lagi di ponsel Anda seperti biasa. Apakah sinyal jaringan tersedia atau tidak, pasalnya dengan cara ini akan akan bisa muncul. Meski ada juga yang tidak melakukan hal ini, namun itu belum semuanya, yang penting hanya menyesuaikan lokasi saja.

#4. Pastikan Pengaturan Sinyal Diatur Otomatis

Selanjutnya pastikan bagian pengaturan sinyal sudah diatur dengan benar yaitu diatur ke mode otomatis. Terkadang tanpa disadari, sinyal bisa berubah ke mode manual.

Hal ini bisa disebabkan oleh faktor yang tidak disengaja, atau ada kesalahan lainnya. Jadi mode sinyal bisa berubah tanpa kita sadari. Akibat mode jaringan dialihkan ke mode manual maka jaringan akan hilang dengan sendirinya.

Cara Menggantinya
  1. Buka Setelan HP
  2. Masuk ke menu Kartu SIM
  3. Pilih jenis SIM yang ingin anda digunakan (slot 1 atau 2)
  4. Lalu masuk ke pengaturan Operator Jaringan
  5. Terakhir, pilih opsi mode Otomatis pada tipe sinyal HP anda.
  6. Selesai.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan menu “Dial Pad” pada poin sebelumnya. Namun saat mengatur sinyal, Anda harus memilih 3 jenis. Misalnya, EDGE/WCDMA/LTE. Itulah salah satu cara agar mode sinyal menjadi otomatis.

#5. Tunggu Beberapa Waktu

Jika cara di atas tidak berhasil, tunggu beberapa saat. Ini biasanya karena penyedia layanan seluler Anda mengalami masalah. Masalah dapat disebabkan oleh berbagai alasan.

Contohnya termasuk ketidakmampuan mengakses Internet, ketidakmampuan melakukan panggilan telepon, ketidakmampuan mengirim SMS, dan kegagalan jaringan.

Cara mengatasinya

Adapun cara mengatasinya jaringan seluler tidak tersedia:

  • Coba ganti kartu SIM ke operator lain, dengan begitu kita bisa tahu ada masalah atau tidak.

Apabila memang terjadi gangguan, Anda dapat menunggu beberapa saat hingga kondisi jaringan menjadi normal. Jika ingin cepat, hubungi saja penyedianya.

#6. Factory Reset HP

Kemudian, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan Opsi Reset factory HP, dan bisa Anda lakukan jika ada masalah di bagian kesalahan sistem HP.

Dengan mereset ponsel Anda, itu seperti menghapus semua pengaturan yang tersimpan di ponsel Anda.

Salah satu kelebihan dari cara ini adalah masalah error akan langsung hilang, termasuk masalah jaringan yang tidak muncul atau tidak tersedia.

Sebelum melakukan reset, sebaiknya backup terlebih dahulu file simpanan Anda pada media penyimpanan lain. Agar data yang ada di data internal ponsel tidak hilang nantinya.

Cara Mereset HP

Adapun cara me-Resetnya sebagai berikut ini:

  1. Masuk ke Setelan
  2. Masuk ke Cadangkan dan Setel Ulang
  3. Lalu pilih Kembalikan ke Pengaturan Pabrik
  4. Selesai

Jika langkah di atas sudah selesai, tunggu beberapa menit hingga prosesnya selesai.

#7. Servis HP

Jika cara diatas masih tidak berhasil, mungkin ada masalah pada komponen ponsel. Namun masalah ini jarang terjadi. Tapi kalau iya, masalahnya terletak pada bahannya.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan servis pada ponsel Anda untuk memperbaiki masalah komponen yang rusak. Kerusakan komponen mungkin disebabkan oleh “korsleting”, kontak dengan air, dll.

Jadi wajar jika jaringan seluler tidak tersedia untuk ponsel Anda, cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

  1. Bongkar Casing
  2. Kemudian dibersihkan
  3. Jika ada yang rusak, maka harus ganti komponen dengan yang baru
  4. Jadi lebih jelasnya di servis saja.
  5. Selesai

Kesimpulan

Pembahasan kali ini adalah tentang cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara yang mudah, atau justru masalahnya menjadi lebih sulit.

Karena semua permasalahan tidak selalu sama melainkan berbeda, sehingga cara mengatasinya juga berbeda. Dalam hal ini, Anda juga perlu berhati-hati, terutama untuk memperbaikinya sendiri.

Kami berharap cara-cara di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah tidak tersedianya jaringan di ponsel Anda.

Sedangkan tips ini berlaku untuk semua operator ya, cara ini bisa kamu gunakan mulai dari merk HP Xiaomi, Lenovo, Samsung, Vivo, Oppo dan masih banyak lagi. Itu saja, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *