Proposal Jasa Fotografi – Teknologi fotografi semakin hari semakin mempermudah masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan mereka terhadap foto yang baik dan berkualitas. Foto yang baik, bisa terlihat dari hasil cetak foto
Teknologi di bidang fotografi ini tidak hanya memaksimalkan kualitas saja, tetapi juga menghemat waktu pembuatan foto.
Contents
- Contoh Proposal Jasa Fotografi
- A. Judul
- B. Latar Belakang
- C. Rumusan Dan Batasan Masalah
- D. Tujuan Usaha
- E. Manfaat Usaha
- F. Gambaran Umum Rencana Usaha
- G. Metode Pelaksanaan
- H. Metode Pemasaran
- 1. Strategi Pemasaran
- 2. Kendala Dalam Pemasaran
- 3. Cara Mengatasi Kendala
- 4. Tahap Evaluasi Dan Monitoring
- I. Jadwal Kegiatan
- J. Lokasi Usaha
- K. Rancangan Anggaran
- 1. Peralatan Dan Investasi Barang
- 2. Peralatan Pendukung
- 3. Kegiatan Pendukung
- 4. Rekapitulasi Dana
- Penutup
Contoh Proposal Jasa Fotografi
Berikut merupakan contoh proposal jasa fotografi, yang dapat anda gunakan, sesuai keperluan anda.
Adapun contohnya proposal tersebut adalah sebagai berikut ini.
A. Judul
Usaha Studio Fotografi Digital.
B. Latar Belakang
Teknologi fotografi yang didukung dengan fasilitas memadai, saat ini masih berpeluang sangat besar jika dijadikan sebuah usaha.
Seperti contoh usaha Studio Fotografi Digital. Usaha studio fotografi selain bisa membantu masyarakat terhadap kebutuhan fotografi mereka.
Mereka juga merupakan lahan usaha yang bisa menyerap beberapa tenaga kerja seperti kalangan mahasiswa.
Melihat peluang pasar yang besar yang masih besar serta menjanjikan.
Maka kami berniat dan berinisiatif untuk membuka usaha Studio Fotografi Digital sendiri, melalui program mahasiswa berwirausaha ini.
C. Rumusan Dan Batasan Masalah
Berdasarkan BizBox.id, latar belakang yang sudah dijelaskan, maka untuk itu dapat dirumuskan masalah yaitu sebagai berikut :
“Bagaimana menciptakan sebuah usaha dalam bidang fotografi yang mampu dijadikan sebagai ladang usaha yang menyerap beberapa tenaga kerja”
Karena besarnya permasalahan yang ada, maka dibuat batasan masalah yaitu pembuatan usaha studio foto untuk menyerap berapa tenaga kerja.
D. Tujuan Usaha
Tujuan usaha yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
- Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan
- Mensinergikan antara fotografi dan desain grafis dengan teknologi komputer
- Menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa
E. Manfaat Usaha
- Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam usaha percetakan foto
- Memberikan kesempatan kerja bagi setiap orang yang sudah mempunyai keahlian dalam bidang fotografi dan desain grafis (editing foto)
F. Gambaran Umum Rencana Usaha
Usaha ini merupakan sebuah usaha studio foto yang diberi nama ” Usaha Studio Fotografi Digital”. Jenis produk serta jasa yang dihasilkan antara lain :
- Pas foto
- Paket foto angkatan
- Paket foto wisuda
- Paket foto keluarga
- Paket foto pernikahan
- Foto dokumentasi kegiatan seperti (Seminar, Acara Pertandingan Olahraga, Ulang Tahun, Dll)
G. Metode Pelaksanaan
Progam yang dilaksanakan dibagi atas beberapa tahapan yaitu :
Tahapan persiapan
- Penentuan lokasi/tempat produksi
- Penentuan produsen
- Persiapan serta pembelian peralatan
- Inventaris toko
- Renovasi tempat usaha (studio foto)
H. Metode Pemasaran
1. Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang nantinya akan diterapkan adalah sebagai berikut :
Diferensiasi
Mencoba menghadirkan suatu bisnis yang berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada.
Tetapi, mempunyai prospek yang bagus, dan juga tidak hanya desain yang kreatif, bagus, enak dilihat, tetapi juga desain yang menjual.
Tempat
Memilih tempat yang pas serta strategis yaitu di sekitar lingkungan kampus.
Strategi produk
- Menyiapkan layanan jemput-antar untuk pelanggan di dalam kota
- Melayani pemesanan lewat telepon
- Memberikan diskon produk
- Menyediakan konsultasi tentang desain
2. Kendala Dalam Pemasaran
Kendala yang dihadapi ketika dalam pemasaran yaitu banyaknya terdapat pesaing di sekitar kita yang mempunyai usaha yang hampir mirip atau relevan dengan usaha kita, seperti contoh :
- Sablon
- Digital printing
- Desain grafis
- Advertising
- Cetak foto digital dan analog
3. Cara Mengatasi Kendala
Ketika melihat hasil analisis yang telah dilakukan, permintaan diluar sana masih cukup besar dan kita juga masih memiliki peluang yang cukup besar juga.
Meskipun disekeliling kita sudah banyak pesaing besar dan pemain lama.
Ada cara mengatasi kendala ini seperti contoh memberikan pelayanan percetakan digital tanpa minimum order serta tempat yang strategis.
Selain melakukan cara diatas, ada cara selanjutnya lakukanlah sebuah promosi agar masyarakat atau konsumen tertarik.
Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara di media seperti contoh :
- Spanduk
Dipasang di depan tempat lokasi usaha, dan juga dipasang di beberapa tempat strategis lainnya. - Katalog
Membuat sebuah katalog yang berisi produk dengan ukuran A4 dan memiliki desain yang menarik dan tentunya harus enak dipandang. - Buletin Dan Majalah
Kerja sama dengan buletin dan majalah yang ada di kota Lumajang - Seminar Atau Event
Bekerja sama atau menjadi sponsor suatu kegiatan seperti : Seminar, Talkshow, Diskusi. - Offline (Manusia)
Maksud dari ini yaitu dengan cara memberitahu dari teman ke teman dari masyarakat ke masyarakat yang lain mengenai usaha yang akan dilakukan ini. - SMS (Baik Handphone Atau Internet)
Mengirimkan sebuah pesan kepada teman, saudara, keluarga, dan kerabat mengenai bisnis ini.
4. Tahap Evaluasi Dan Monitoring
- Evaluasi proses produksi
- Evaluasi produk yang dihasilkan
- Evaluasi penilaian produk dari beberapa konsumen
- Perhitungan biaya keseluruhan proses produksi dan penetapan laba serta rugi
- Perencanaan kedepan untuk kelanjutan usaha
I. Jadwal Kegiatan
Adapun target dari penyelesaian program ini adalah selama 5 bulan. Tabel di bawah ini merupakan tahapan-tahapan penyelesaian program ini.
No | Kegiatan | Bulan 1 | Bulan 2 | Bulan 3 | Bulan 4 | Bulan 5 | |||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Persiapan | v | v | v | v | v | v | ||||||||||||||
2 | Pelaksanaan | v | v | ||||||||||||||||||
3 | Promosi | v | v | v | v | v | v | ||||||||||||||
4 | Pemasaran produk | v | v | v | v | v | v | v | v | v | v | ||||||||||
5 | Penyebaran dan penarikan kuesioner | v | v | ||||||||||||||||||
6 | Evaluasi Kegiatan | v | v | ||||||||||||||||||
7 | Pembahasan dan monitoring kegiatan | v | v | v | v | v | |||||||||||||||
8 | Analisis biaya | v | v | v | v | v | v | v | |||||||||||||
9 | Penulisan laporan | v | v |
J. Lokasi Usaha
Usaha yang akan dibuat ini berlokasi di Jalan Iswahyudi No 35, Lumajang, Jawa Timur
K. Rancangan Anggaran
Dalam pelaksanaan program ini, adapun rincian anggaran yang akan digunakan sebagai berikut :
1. Peralatan Dan Investasi Barang
No | Alat atau Investasi Barang | Frek | Satuan (Rp) | Jumlah (Rp) |
1 | Kamera DSLR 20 M Px | 1 | 8.650.000.- | 8.650.000.- |
2 | Lampu Studio | 2 | 650.000.- | 1.300.000.- |
3 | Light Stand | 2 | 350.000.- | 700.000.- |
4 | Soft Box | 2 | 1.200.000.- | 2.400.000.- |
5 | Umbrella Light | 2 | 75.000.- | 150.000.- |
6 | Trigger | 2 | 350.000.- | 700.000.- |
7 | Layar Pas Foto | 2 | 25.000.- | 50.000.- |
8 | Wallpaper Baground Foto | 20 m | 35.000.- | 700.000.- |
9 | Komputer | 1 | 3.500.000.- | 3.500.000.- |
10 | Memory Card | 2 | 75.000.- | 150.000.- |
Jumlah Total | 17.600.000.- |
2. Peralatan Pendukung
No | Nama Peralatan | Frek | Satuan (Rp) | Jumlah (Rp) |
1 | Etalase | 2 | 960.000.- | 1.920.000.- |
2 | Meja Komputer | 1 | 250.000.- | 200.000.- |
3 | Lemari Studio / Pakaian | 1 | 1.500.000.- | 1.400.000.- |
4 | Sewa Tempat Usaha | 7.000.000,- | ||
Jumlah | 10.520.000,- |
3. Kegiatan Pendukung
No | Nama Kegiatan | Frek | Satuan (Rp) | Jumlah (Rp) |
1 | Biaya pengiriman barang | – | 250.000,- | 250.000,- |
2. | Biaya Promosi | – | 300.000,- | 300.000,- |
3. | Penggandaan proposal | 5 | 10.000,- | 50.000,- |
4. | Dokumentasi | 4 | 20.000,- | 80.000,- |
5. | Penggandaan laporan kemajuan | 5 | 10.000,- | 50.000,- |
6. | Penggandaan laporan akhir | 5 | 10.000,- | 50.000,- |
7. | Transportasi | – | – | 100.000,- |
8. | Komunikasi | – | – | 100.000,- |
Jumlah | 980.000.- |
4. Rekapitulasi Dana
No. | Rancangan Biaya | Jumlah |
1. | Alat dan Bahan | Rp. 17.600.000,- |
2. | Peralatan Pendukung | Rp. 10.520.000,- |
3. | Kegiatan Pendukung | Rp. 980.000,- |
Total Biaya | Rp. 39.100.000,- |
Penutup
Demikian proposal ini saya buat sebagai rencana usaha fotografi yang akan saya jalankan. Dengan modal yang telah dipersiapkan dan rencana pemasaran yang matang, saya yakin usaha ini dapat berkembang dengan baik.
Saya berharap proposal ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang visi, misi, dan rencana usaha fotografi yang akan dijalankan.
Atas perhatian dan dukungannya, saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
[Nama Pemilik]
Pemilik Usaha Foto Cetak Studio
Silahkan sesuaikan informasi yang ada pada proposal ini dengan kebutuhan dan konteks usaha yang akan Anda jalankan.
4 Cara Transfer Uang dari Korea ke Indonesia !
Distributor Paranet Surabaya: Pusat Penjualan Paranet Berkualitas !
Pabrik Waring Bandung: Pusat Produksi Waring Berkualitas !
5 Doa Agar Penipu Online Kepanasan atau Gelisah !